MAKALAH PERKEMBANGAN TI
di susun oleh:
nama: kiki
fauzia
kelas:
nim:
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.Berbagai informasi
yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat
langsungkita ketahui berkat kemajuan teknologi
(globalisasi). Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah
“dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya berganti;dunia
saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai
belahandunia membuat dunia ini seolah
semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika misalnya, meskipun kita berada di Indonesia.Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada
kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.
Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap
transformasi nilai-nilai yang adadi masyarakat.
Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia.
Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi
terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi,telepon
dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakatkota, namun juga telah dapat dinikmati oleh
masyarakat di pelosok-pelosok desa.Akibatnya, segala informasi baik yang
bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau
tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan
dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
B.Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah
ini untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Sosiologidan untuk meningkatkatkan pengetahuan penulis dalam memahami pengaruhteknologi
informasi terhadap perilaku remaja.
C.Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode penjabaran materi,adapun teknik yang digunakan yaitu studi
pustaka dengan mempelajari buku-buku, browsing internet
dan sumber lain untuk mendapatkan data untuk pembuatan makalahini.
D.Sistematika
Penulisan
BAB
I :Pendahuluan, yang
terdiri dari latar belakang, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB
II : Tinjauan teoritis, yang
terdiri dari pengertian
BAB III :Penutup, yang terdiri dari kesimpulan dan saran.
BAB IITINJAUN TEORI
A.Pengertian TeknologiBeberapa
pengertian teknologi telah diberikan atara lain oleh David L. GOETCH
: people tools, resources ,to solve problems or to extend their
capabilities. Sehinggateknologi dapat dipahami sebagai "upaya" untuk
mendapatkan suatu "produk" yangdilakukan oleh manusta dengan memanfaatkart peralatan (tools), proses dansumberdaya
(resources).Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi
telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang
lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur
danlebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi,
meskipun istilah “teknologi belum digunakan.
Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau
pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah caramelakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia
dengan bantuan akal danalat, sehingga seakan-akan memperpanjang,
memperkuat atau membuat lebih ampuhanggota tubuh, pancaindra dan otak
manusia.Pengertian yang lain, telah diberikan oleh Arnold Pacey "The
application os scientificand other knowledge
to practical task by ordered systems. that involve people andorganizations,
living things and machines". Dari definisi ini nampak, bahwa teknologitetap terkait pada pihak-pihak yang
terlibat dalain perencanaannya, karena itulahteknologi tidak
bebas organisasi, tidak bebas budaya dan sosial, ekonomi dan politik.Definisi teknologi yang lain diberikan oleh Rias
Van Wyk "Technology is a "set of means" created by people
to facilitate human endeavor". Dari definisi tersebut, ada beberapa
esiensi yang terkandung yaitu
1.Teknologi terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan teknotogi bersama dengan keberadaan budaya umatmanusia.
2.Teknologi merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial
3.Teknologi merupakan himpunan dari pikiran (set of means), sehinggateknologi dapat dibatasi atau bersifat universal, tergantung dari sudtit pandanganalisis4.Teknologi bertujuan untuk memfasilitasi human endeavor (ikhtiar manusia). Sehingga tekno logi harus mampu merungkatkan performansi(kinreja) kemampuan manusia.Dari definisi di atas, ada 3 (tiga) entitas Yang terkandung dalam teknologi yaitu, Skill(Keterampilan), Algorithnia (Logika berfikir) dan hardware (Perangkat Keras).Dalam pandangan Management of Technology, Teknologi dapat digambarkan dalam beragam cara
2.Teknologi merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial
3.Teknologi merupakan himpunan dari pikiran (set of means), sehinggateknologi dapat dibatasi atau bersifat universal, tergantung dari sudtit pandanganalisis4.Teknologi bertujuan untuk memfasilitasi human endeavor (ikhtiar manusia). Sehingga tekno logi harus mampu merungkatkan performansi(kinreja) kemampuan manusia.Dari definisi di atas, ada 3 (tiga) entitas Yang terkandung dalam teknologi yaitu, Skill(Keterampilan), Algorithnia (Logika berfikir) dan hardware (Perangkat Keras).Dalam pandangan Management of Technology, Teknologi dapat digambarkan dalam beragam cara
1.Teknologi sebagai makna uiituk memenuhi suatu maksud di dalamnyaterkandung apa saja yang dibutuhkan untuk merubah (mengkonversikan)sumberdaya (resources) ke
suatu produk atau jasa.
2.Teknologi tidak ubahriya sebagai pengetahuan, sumberdaya yangdiperlukan untuk mencapai
suatu tujuan (objective).Teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan
rekayasa (Engineering) yangdapat
diaplikasikan pada perancangan produk dan atau proses atau pada penelitianuntuk
mendapatkan pengetahuan baru.Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa
kita hindari dalam kehidupan ini, karen kemajua teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagikehidupan manusia.
Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalammelakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudahmenikmati
banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkandalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan
tahun = masa remaja
akhir. Tetapi Monks, Knoers, dan Haditono membedakan masaremaja menjadi
empat bagian, yaitu masa pra-remaja 10 – 12 tahun, masa remaja awal12 – 15 tahun, masa remaja pertengahan 15 – 18
tahun, dan masa remaja akhir 18 – 21 tahun (Deswita, 2006: 192)Definisi yang dipaparkan oleh Sri Rumini & Siti Sundari, Zakiah Darajat, danSantrock tersebut menggambarkan bahwa masa remaja
adalah masa peralihan darimasa anak-anak dengan masa dewasa dengan
rentang usia antara 12-22 tahun, dimana pada
masa tersebut terjadi proses pematangan baik itu pematangan fisik, maupun psikologis.C.Pengaruh Perkembangan TeknologiTeknologi merupakan hasil karya manusia untuk mengolah lingkungan danmenyesuaikan diri dengannya. Teknologi membantu memperpanjang tangannya,memperkuat ototnya atau menyambung indera dan otaknya. Teknologi
membuatlingkungannya nyaman, aman dan efisien untuk didiami dan diolah.
Karena manusiadipengaruhi oleh lingkungan,
maka lingkungan teknologi juga mempunyai dampak terhadap manusia,
namun teknologi mutakhir yang berkembang besar-besaran denganlaju yang cepat
dampaknya terhadap manusia juga luas dan dalam. Pengaruh ini dapatlangsung atau
primer dapat pula tidak secara langsung, sekunder atau tersier.Diantara dampak negatif teknologi informasi terhadap manusia dapat disebutkansebagai
berikut :1.Bidang sosial dan budayaDampaknya
yang dapat kita lihat pada aspek budaya antara lain adalaha.Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak
pakar yang berpendapat bahwa
kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai
pemimpin,
baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya
merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam bukuMegatrend for Women:From Liberation to Leadership
yang ditulis olehPatricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peranwanita
dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanitayang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator,gubernur,
menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
b.Meningkatnya rasa
percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asiamelahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuanekonomi
telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagaisuatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagidapat
melecehkan bangsa-bangsa Asia.
c.Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagaikonsekuensi
globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja
keras Meskipun demikian, kemajuan teknologi
akan berpengaruh negatif terhadapaspek budaya yang kebanyakan akaan
dianut oleh para remaja :a.Kemerosotan moral di
kalangan warga masyarakat, khususnya di kalanganremaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalumenekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan
material, telahmenyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi
miskin dalam rohani”. b.Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakinmeningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada dimasyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telahmelemahkan
kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalammenciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama,kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin
meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret,
pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
Kerahasiaan
alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tesRaven,
Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akanmudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacudengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. b.Penyalah gunaan pengetahuan bagi
orang-orang tertentu untuk melakukantindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan jugamencetak generasi yang berepngetahuan tinggi
tetapi mempunyai moralyang rendah.
Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orangakan berusaha
menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.3.Terhadap manusia
a.Pergeseran atau
penggantian manusia
(displacement, subtitution),misalnya fungsi otot-otot besar manusia yang di
dalam pekerjaannyadiganti oleh teknologi, sehingga manusia mengalami
atrofi atau dapat pula otaknya digantikan sehingga terjadi atrofi mental. Bahkanmungkin seluruh fungsi manusia diganti oleh robot, sehingga
tergeser dari pekerjaannya.
b. Kebebasan terkekang
,
dalam banyak hal kita harus menyesuaikandiri dengan alat-alat dan sistem. Waktu mengatur pekerjaan kitameskipun bertentangan dengan kronobiologi
atau irama biologi kita.Hasil pekerjaan yang
utuh tidak bisa dinikmati, karena pekerjaan yangsudah terfragmentasi dan monoton. Informasi yang dapat diolahsemakin banyak, tetapi saluran untuk mengungkapkan informasitersebut
semakin sedikit.
c. Kepribadian terhimpit
, karena pengaruh informasi yang sifatnyaglobal maka manusia cenderung menjadi manusia
yang terpengaruholeh isue-isue global, sementara kultur, nilai-nilai lokal menjadisemakin terkikis.
d.Objektifitas manusia
(dehumanisasi),
manusia dianggap sebagai halyang obyektif, diurai-urai hanya hal-hal yang dapat diukur atau dihitung saja, sedangkan yang lain dianggap periferal dan tidak menjadi pertimbangan dalam usaha-usaha pengembanan, pendidikandan peningkatannya.
e. Mentalitas teknologi
, hal ini tercermin pada kepercayaan yang berlebihan pada alat (teknosentris),
seolah-olah segala sesuatu dapatdipecahkan oleh teknologi dan sesuatu akan
lebih meyakinkan kalaudilakukan dengan peralatan dan disertai angka-angka. Hal
ini yangsudah biasa atau mudah diperhitungkan masih memerlukan bantuan penelitian eksperimen.
f .Penyeimbangan kembali yang tidak adaptif
dalam rangkamengembalikan keseimbangan yang terganggu oleh teknologi.
Orangkadang lari dari kenyataan hidup dengan menggunakan obat-obatanseperti narkotika, psikotropika dan mencari kekuatan denganmengumpulkan barang-barang status ( positional goods) untuk mengkompensasi adaptasi yang gagal.
g. Krisis teknologi
, berbagai krisis yang
melanda dunia abad ini terutamadisebabkan oleh perkembangan teknologi yang
terlalu cepat, sehingga proses adaptasi dan integrasi tidak sempat dilakukan. Akibatnya terhadap individu ialah technostress, penyakit urban, penyakit peradaban. Era informasi yang telah hadir dihadapan kita, mau
tidak mau akan membawadampak positif maupun negatif. Tanpa
inisiatif yang tinggi menyambut datangnya erainformasi
ini, kita hanya akan menjadi penonton, atau bahkan jadi korban (sitting duck ). Namun jika kita mampu
berada dan ikut menjadi pelaku di dalamnya, kita akandapat menikmati dan merasakan sisi positif dari
era informasi ini. Tentu saja hal initidak mudah, walaupun bukannya
tidak mungkin.Dampak kemajuan teknologi
informasi yang tidak sehat akan berdampak jauh lebih berbahaya
dibanding keunggulannya dan kemanfaatannya terutama dikalangan remajaseperti di negara barat. Kita sangat mudah melihat
dan menerima informasi dari berbagai belahan dunia tanpa harus memerlukan biaya yang mahal. Untuk
menghindari hal itu masyarakat harus dapat melihat dan
membedakan isu-isu manayang bermanfaat dan tidak bermanfaat untuk diadopsi demi untuk kemajuan dankemaslahatan umat manusia secara keseluruhan
D.Tugas perkembangan remajaHavigrust
(dalam Muhammad Ali, 2008: 171) mendefinisikan tugas perkembanganadalah tugas yang muncul pada saat atau sekitar
satu periode tertentu dari kehidupan individu dan jika berhasil akan menimbulkan fase bahagia dan membawakeberhasilan
dalam melaksanakan tugas-tugas berikutnya. Akan tetapi kalau gagalakan
menimbulkan rasa tidak bahagia dan kesulitan dalam menghadapi tugas-tugas berikutnya.Tugas perkembangan masa remaja difokuskan pada upaya meningkatkan sikap
dan perilaku kekanak-kanakan serta berusaha untuk mencapai kemampuan
bersikap dan berperilaku secara dewasa. Adapun tugas-tugas perkembangan remaja menurut Hurlock (dalam Muhammad Ali,
2008 : 10) adalah :
1.Mampu menerima keadaan fisiknya;
2.Mampu menerima dan
memahami peran seks usia dewasa;
3.Mampu membina hubungan
baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis
4.Mencapai kemandirian emosional;
5.Mencapai kemandirian ekonomi;
6.Mengembangkan konsep dan keterampilan
intelektual yang sangat diperlukanuntuk melakukan peran sebagai
anggota masyarakat;
7.Memahami dan menginternalisasikan
nilai-nilai orang dewasa dan orang tua;
8.Mengembangkan perilaku tanggung jawab social yang diperlukan untuk memasuki dunia dewasa;
9.Mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan;
10.Memahami dan mempersiapkan
berbagai tanggung jawab
kehidupan keluarga.Hal senada diungkapkan oleh Zulkifli (2005: 76) tentang tugas perkembangan masaremaja adalah
1.Bergaul dengan teman sebaya dari kedua jenis kelamin
2.Mencapai peranan social sebagai pria
atau wanita
3.Menerima keadaan fisik sendiri
4.Memilih dan mempersiapkan
lapangan pekerjaan
5.Memilih pasangan dan mempersiapkan diri untuk berkeluargaBerdasarkan pendapat tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa tugas-tugas perkembangan
remaja adalah sikap dan perilaku dirinya sendiri dalam menyikapilingkungan di
sekitarnya. Perubahan yang terjadi pada fisik maupun psikologisnyamenuntut anak untuk dapat menyesuaikan diri dalam
lingkungan dan tantangan hidupyang ada dihadapannya termasuk juga dalam menghadapi dampak perkembanganteknologi yang semakin pesat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar